Review Prison Architect – Buat LP Cipinang Versimu!

Pernahkah kamu berangan-angan untuk menjadi pemilik penjara dengan keamanan super ketat, lengkap dengan sipir sadis yang memukul para tahananmu setiap hari, serta sel tahanan dengan kondisi yang sangat tidak layak? Jika jawabanmu adalah ya, tolong cari psikiater sekarang.

Bagi kamu yang tidak sesadis itu, Prison Architect adalah sebuah game manajemen seru yang menempatkanmu sebagai seorang pengawas penjara. Kamu akan merancang hampir seluruh aspek dari penjara, dari membangun berbagai bangunan sampai mengatur jadwal aktivitas para tahanan.

Game Manajemen yang Seru

Genre manajemen cukup dikenal sebagai sebuah game yang cenderung santai. Biasanya kamu cukup meletakkan beberapa bangunan dan duduk manis sambil melihat uang yang kamu miliki terus meningkat tanpa permasalahan.

Prison Architect | Screenshot 1

Hal ini tidak sepenuhnya tepat di Prison Architect. Layaknya pengawas penjara (yang bekerja dengan benar), kamu harus terus memantau penjaramu dan sesekali memerintah sipir untuk mengecek tahanan yang memiliki gerak-gerik aneh.

Sejak awal permainan banyak hal yang harus kamu rencanakan, bahkan sebelum kamu mulai membangun. Sudahkah area tempat tinggal tahanan sepenuhnya terlindungi pagar? Apakah lokasi dapur sudah cukup dekat dengan kantin? Apakah gudang senjata sudah cukup aman dan sulit diakses oleh tahanan? Hal-hal ini memiliki pengaruh besar dan kesalahan dalam perancangan bisa berakibat fatal nanti.

Manajemen Mikro yang Kompleks

Sebagai sebuah game yang baru saja “lulus” dari Early Access, Prison Architect sekarang telah memiliki jauh lebih banyak fitur dan berbagai aspek tambahan dalam gameplay. Saat ini kamu tidak bisa lagi bersantai ria sepanjang hari hanya karena kamu sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap atau sipir bersenjata mematikan.

Setiap tahanan memiliki beberapa atribut yang dinamakan Reputation di Prison Architect. Sebagai contoh dalam penjara saya terdapat seorang tahanan dengan reputasi Snitch. Reputasi tersebut akan membuat tahanan lain cenderung agresif terhadapnya dan kemungkinan besar akan tewas diserang tahanan lainnya jika kamu tidak memberikannya perlakuan khusus.

Prison Architect | Screenshot 2

Sebaliknya beberapa tahanan akan memiliki reputasi yang sangat mematikan sampai dikategorikan sebagai Legendary. Tahanan-tahanan ini bisa kamu anggap sebagai penjahat super dan akan memiliki berbagai jurus mematikan seperti mampu membunuh sipirmu dalam satu kali pukulan atau memiliki kecepatan berlari dua kali lipat dari lainnya.

Para tahanan juga bisa menyelundupkan berbagai barang yang akan memperparah keadaan jika tidak kamu kontrol. Tahanan yang dibiarkan menyelundupkan minuman beralkohol dan obat narkotika akan semakin sulit untuk insyaf, sedangkan tahanan yang menyelundupkan pisau, tongkat, racun, dan senjata lainnya tentunya mampu membunuh tahanan lain atau sipirmu dengan lebih mudah.

Jika kamu gagal mencegah penyelundupan senjata dan beberapa tahanan memutuskan untuk rusuh, kemungkinan besar penjaramu akan langsung porak poranda, terutama jika para tahanan berhasil membunuh sipir yang membawa senapan atau mengakses gudang senjata.

Penjara Nyaman dengan Fasilitas Lengkap atau Penjara Sadis?

Untuk mengurangi resiko kerusuhan kamu bisa melakukan dua hal: mencoba untuk membuat para tahanan berbahagia dengan memenuhi semua kebutuhannya, atau membuat para tahanan depresi sampai tidak berani untuk berkutik.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat penjara “baik”, kamu diharuskan untuk menciptakan berbagai fasilitas dari kantin, lapangan olahraga, ruangan bermain, sampai tempat beribadah. Meskipun begitu kamu tetap harus ingat bahwa mereka tetaplah tahanan yang pernah melakukan tindakan kriminal, dan jika kamu terlalu “baik” para penjahat ini akan semakin sulit insyaf (dan menyebabkan penjaramu memiliki peringkat buruk).

Prison Architect | Screenshot 3

Untuk mendapatkan uang yang cukup besar demi membayar biaya perawatan fasilitas-fasilitas yang kamu sediakan, kamu bisa mencoba untuk mengurangi jumlah karyawan dan mengalokasikan tahananmu untuk melakukan berbagai pekerjaan dari memasak, menyapu, hingga mencuci pakaian.

Tentu saja kamu akan mendapatkan resiko tambahan saat melakukan ini. Tahanan yang bekerja di dapur, misalnya, bisa mendapatkan pisau dengan sangat mudah. Jika hal ini terlalu merepotkan untukmu, kamu bisa mencoba untuk membuat penjara sadis.

Penjara yang menggunakan metode sadis akan berusaha untuk menindas para tahanan sampai takut untuk bertindak apapun. Hal ini dilakukan dengan tidak memberikan kebebasan sama sekali dan memasang sipir bersenjata di setiap tempat.

Prison Architect | Screenshot 4

Sekali lagi teknik ini juga memiliki resiko tersendiri. Jika kamu kebetulan mendapatkan tahanan dengan reputasi mematikan dan berhasil membunuh salah seorang sipir, maka persiapkanlah dirimu untuk menghadapi kerusuhan berdarah berhubung tahanan yang sudah mampu membunuh petugas dalam satu kali pukulan sekarang dilengkapi dengan sebuah senapan yang lebih mematikan lagi.

Bekas Early Access Masih Terasa

Satu-satunya keluhan saya pada Prison Architect mungkin adalah kesan Early Access yang masih berada di dalam game ini. Sebagai contoh saat pertama kali kamu menyalakan game, kamu tidak akan disuguhkan dengan menu intro, melainkan dilempar begitu saja ke sepetak lahan kosong yang biasanya kamu temukan saat memulai permainan baru.

Tentu saja hal ini tidak terlalu berpengaruh banyak dan kamu cukup membuka menu dan menekan Load Game untuk kembali ke penjara buatanmu sebelumnya, namun tetap saja hal ini membuat saya merasa game ini seperti masih belum sepenuhnya selesai.

Prison Architect | Screenshot 5

Mode Campaign menyuguhkan cerita yang sangat mendasar namun dimanfaatkan sebagai semacam tutorial. Hanya terdapat total lima misi yang tersedia, namun setiap misi memiliki cukup banyak tugas yang akan bertambah setelah kamu mencapai titik tertentu. Mode ini juga terasa dibuat dengan terburu-buru dan tidak lengkap.

Kesimpulan: Seru, Lucu, Serius.

Prison Architect adalah salah satu game terbaik yang telah saya mainkan sepanjang tahun ini, dan mungkin bisa saya anggap sebagai game manajemen terbaik sepanjang masa. Game ini mampu membuat genre yang terlalu santai menjadi jauh lebih sulit diprediksi dan tetap seru meskipun dimainkan dalam waktu lama.

Prison Architect | Screenshot 6

Deskripsi para tahanan yang lucu (deskripsi ini dibuat sendiri oleh para backer saat game ini masih di Early Access dan Kickstarter) serta ikon karakter yang simpel nan imut membuat game ini memiliki nada yang tidak terlalu dewasa. Namun ditambah dengan gelapnya aspek kehidupan dalam penjara seperti kekerasan dan hukuman mati membuat game ini tetap terkesan serius.

Prison Architect berhasil menjadi sebuah game yang seru dimainkan sambil menyampaikan pesan mengenai kehidupan di penjara tanpa membuat game tersebut terlalu kelam atau depresif. Akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan game ini.

233450/steam]

This entry passed through the Full-Text RSS service – if this is your content and you’re reading it on someone else’s site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Incoming search terms:

advertisement
Review Prison Architect – Buat LP Cipinang Versimu! | helmirfansyah | 4.5