SekolahPintar, Satu Lagi Situs Belajar Online dengan Beragam Kursus untuk Mendapatkan Keahlian Tambahan

Semuanya berawal saat Dian Martini yang sebelumnya bekerja di perusahaan korporat memutuskan untuk memulai karier di bidang teknologi dengan membeli sebuah software house bernama Baba Studio pada tahun 2008 silam.

Singkat cerita pada tahun 2011, Baba Studio mengembangkan sebuah situs untuk belajar membuat situs secara online pada tahun 2011. Tidak disangka bisnis kursus online tersebut berjalan mulus.

Akhirnya Dian memutuskan untuk mengembangkan bisnis tersebut sehingga tidak hanya menyediakan kursus belajar membuat situs, tapi melayani berbagai jenis kursus dengan mendirikan SekolahPintar pada Januari 2014.

Pengunjung yang tertarik bisa mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa menikmati kursus yang disediakan situs ini. Model kursus yang disediakan berupa video. Di akhir pelajaran pengguna akan mendapat sertifikat layaknya mengikuti kursus konvensional pada umumnya.

Konten-konten video tersebut berasal dari institusi dan individu yang telah bekerja sama dengan SekolahPintar. Seperti Tung Desem Waringin, Jakarta Consulting Group, Indonesia Korea Culture Study, dan lainnya. Kursus yang disediakan di SekolahPintar ada yang bersifat gratis dan ada yang juga yang berbayar dengan rentang biaya yang beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Nantinya pihak Sekolah Pintar akan mengambil komisi sebesar 20 sampai 40 persen dari setiap kursus.

Konten Sekolah Pintars

Ketika disinggung mengenai target pengguna, Dian memaparkan bahwa target mereka adalah orang yang sudah punya pendidikan formal tapi ingin mempunyai keahlian tambahan seperti mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga.

Bagaimanapun, sudah cukup banyak situs belajar online lain seperti RuangGuru, Wardaya College, dan Indonesia-X akan menjadi kompetitor tidak langsung dari Sekolah Pintar.

Selain itu, kualitas situs, video, maupun tarif biaya kursus yang relatif mahal rasanya akan membuat orang-orang berpikir dua kali untuk mengikuti kursus ini. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengguna yang aktif pada kursus berbayar sangat minim dibandingkan kursus gratis.

Baca juga: Wardaya College Tawarkan Cara Mudah Belajar Matematika Secara Online

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

This entry passed through the Full-Text RSS service – if this is your content and you’re reading it on someone else’s site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

advertisement
SekolahPintar, Satu Lagi Situs Belajar Online dengan Beragam Kursus untuk Mendapatkan Keahlian Tambahan | helmirfansyah | 4.5